Cara Membuat Disinfektan Anti Virus Di Rumah

Must Try

Hotel Mazeej White – Hotel Ultrachic di Al Alamein, Mesir

Hotel Mazeej White Desain oleh : Reha, LLC. Lokasi : North Coast, Egypt Photography: Nour El Refai Hotel Mazeej White ini terletak di sepanjang pantai di Laut Mediterania....

Rumah Di Pantai Australia Dengan Interior Minimal

Arsitek Rob Mills telah membangun sebuah rumah untuk mengasingkan diri pada akhir pekan di samping Great Ocean Road Australia, dengan interior sederhana yang menjadikan...

Gejala Dehidrasi Selama Kehamilan Dan Cara Untuk Mencegahnya

Biasanya tubuh kita secara alami akan melepaskan cairan melalui keringat dan buang air kecil. Jika tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda...

Cara Menghilangkan Noda Minyak Dari Pakaian

Noda minyak adalah salah satu noda yang paling sering dan sangat susah untuk dihilangkan sepenuhnya dari pakaian, tetapi menghilangkan noda ini bukan tidak mungkin....

Ada banyak patogen di mana kita terpapar setiap hari, baik melalui orang-orang yang berhubungan dengan kita atau melalui benda-benda yang kita sentuh. Faktanya, kita membawa banyak kuman ke rumah, apakah itu di tangan kita, di pakaian kita, atau di sol sepatu kita. Beberapa dari mereka dapat menjadi sumber infeksi penyakit menular, sehingga sangat penting untuk membersihkan dengan baik untuk menjaga ruang kita didesinfeksi.

Jika Anda ingin menghindari virus, bakteri, parasit, jamur, dan mikroba penyebab penyakit lainnya, yang terbaik adalah selalu mencuci tangan dan membersihkannya secara teratur, terutama setelah periode sakit atau flu musiman. Desinfektan industri bisa sangat berguna, walaupun terkadang mereka menjadi sangat agresif pada kulit atau tubuh kita. Untuk alasan itu, di radeeva kami akan mencoba untuk mengular tentang semua yang Anda perlu tahu mengenai cara membuat disinfektan buatan sendiri.

Disinfektan buatan sendiri untuk coronavirus dan virus lain: apakah berfungsi?

Saat ini, mudah untuk menemukan situs web yang menawarkan resep buatan sendiri untuk mendisinfeksi kulit Anda dan melindungi diri Anda dari coronavirus (COVID-2019). Di radeeva, kami ingin mengklarifikasi bahwa gel buatan sendiri ini bukanlah obat yang sempurna untuk melindungi diri dari virus dan kami ingin menyoroti bahwa cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan sabun dan air. Jika Anda tidak dapat mencuci tangan, info yang kami dapatkan dari Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) AS menyarankan untuk menggunakan gel sanitasi berbasis alkohol.

Gel ini dapat ditemukan di apotek, tetapi permintaan tinggi telah mengurangi pasokannya. Jangan khawatir, mencuci tangan dengan benar dan teratur akan cukup untuk mencegah penyakit sebanyak mungkin. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mencuci tangan selama sekitar 40 hingga 60 detik, pastikan untuk menutupi ibu jari Anda serta bagian belakang dan ujung jari dengan sangat baik. Untuk mendisinfeksi tangan secara lebih efektif, disarankan untuk melumuri selama 20 detik menggunakan gel antibakteri setelah Anda mencuci tangan.

Apakah ada resep yang dapat dibuat dirumah untuk pembersih tangan?

WHO merekomendasikan dua resep untuk menyiapkan gel disinfektan jika ketersediaannya habis. Resep-resep ini termasuk penggunaan etil atau isopropil alkohol, gliserin, hidrogen peroksida, dan air suling.

Mungkin terdengar mudah untuk menemukan bahan-bahan dan menyiapkan disinfektan di rumah, tetapi resep ini biasanya digunakan oleh apoteker dan orang yang berkecimpung dalam dunia spesialis kesehatan. Yang benar adalah menyiapkan resep ini di laboratorium dan di bawah kondisi sanitasi yang diperlukan untuk menjaga semua bahan bebas dari kontaminasi. Karenanya, ini bukan resep disinfektan yang dapat disiapkan oleh siapa pun.

Desinfektan buatan sendiri untuk kulit

Beberapa produk memiliki kualitas antiseptik alami, direkomendasikan untuk menghilangkan mikroba dari kulit kita tanpa merusaknya. Meskipun kita bisa menyiapkan gel sanitasi untuk membersihkan mereka, perlu diingat bahwa gel disinfektan ini tidak berfungsi sebagai pengganti sabun dan air. Mencuci tangan dengan benar akan selalu menjadi cara terbaik untuk mendisinfeksi kulit Anda tanpa luka, menyingkirkan kuman dan menghindari penyebaran penyakit.

Bahan
  • 20 ml atau 96% etil alkohol
  • 6 ml gel lidah buaya
  • 15 tetes minyak esensial rosemary
  • 10 tetes minyak esensial lavender
Persiapan
  1. Sterilkan semua instrumen yang akan Anda gunakan: gelas ukur, wadah, botol kecil, dll.
  2. Tambahkan alkohol, hidrogen peroksida dan gel lidah buaya. Kocok campuran sampai bahan sudah diintegrasikan.
  3. Tambahkan minyak esensial dan campur lagi.
  4. Masukkan campuran dalam satu atau lebih wadah dan tutup dengan sangat baik.
  5. Biarkan campuran dalam karantina selama 72 jam untuk menyelesaikan membunuh kuman dalam wadah.

Disinfektan buatan sendiri untuk luka

Bukan ide yang buruk untuk memiliki perlengkapan P3K yang lengkap di rumah Anda. Namun adakalanya suatu saat tiba Anda perlu mendisinfeksi luka yang dangkal dan Anda tidak memiliki apa yang diperlukan untuk melakukannya, ada beberapa produk alami yang dapat Anda gunakan sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati luka. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kompres bawang putih : potong bawang putih dan oleskan pada luka. Simpan dengan balutan sehingga airnya diserap melalui kulit.
  • Gel lidah buaya : Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada selembar kain dan membungkus luka dengan itu. Kami merekomendasikan penggunaan gel yang dibeli, karena lidah buaya alami mengandung komponen yang dapat mengiritasi kulit. Jika Anda hanya memiliki lidah buaya alami, Anda bisa membiarkan daunnya terendam terlebih dahulu selama 24 jam untuk menghilangkan zat-zat yang mengiritasi seperti aloin.
  • Tapal Lavender: tapal adalah pasta dengan sifat penyembuhan yang sangat baik tergantung pada bahan yang dibuat. Di dunia herbal, lavender adalah salah satu antiseptik klasik, astringen, dan antibiotik. Hancurkan daun lavender dan letakkan di panci dengan air panas, rebus sampai ada massa yang tebal dan oleskan ke luka.

Penting untuk dicatat bahwa disinfektan luka alami tidak sepenuhnya efektif ketika Anda mengalami luka yang dalam atau sudah terinfeksi. Jika Anda memiliki luka yang sudah lama tidak sembuh, kami sarankan Anda untuk segera mencari perhatian medis untuk menghindari infeksi serius.

Selain itu, selalu ingat untuk mencuci tangan Anda dengan sangat baik sebelum menggunakan obat ini dirumah atau dalam menangani luka Anda, tidak peduli seberapa dangkal itu.

Pembersih lantai buatan sendiri

Ada banyak produk alami yang dapat Anda gunakan untuk mendisinfeksi rumah tanpa harus menggunakan pembersih industri atau deterjen. Salah satu disinfektan alami yang paling banyak digunakan adalah cuka, yang dapat Anda gabungkan dengan bahan-bahan lain seperti lemon, rosemary, dan bikarbonat untuk hasil yang lebih efektif. Dalam penggunaannya untuk lantai, Anda dapat mengikuti formula ini untuk membuat disinfektan rumah yang sangat baik untuk lantai rumah Anda:

  • 100 g atau 1/2 cangkir soda kue
  • 60 ml cuka
  • 5 tetes minyak esensial lemon
  • Isi sisa ember dengan air

Campur semua bahan dan gunakan pel untuk membasuhinya di lantai. Disinfektan ini terutama direkomendasikan untuk lantai kayu, karena tidak membahayakan lantai seperti produk yang lebih kasar.

Disinfektan buatan sendiri untuk sayuran

Kita selalu mendengar bahwa kita harus mencuci sayuran dan buah dengan sangat baik sebelum mengkonsumsinya, tetapi apakah itu cukup untuk menghilangkan semua mikroorganisme yang dapat membahayakan kesehatan? Ada cara untuk mencuci sayuran secara efisien dan efektif melalui metode yang dapat Anda buat sendiri dan organik. Di sini kami memberi tahu Anda cara membuat desinfektan buatan sendiri untuk makanan :

  1. Campurkan tiga bagian air dengan satu bagian cuka dan lemon dalam mangkuk.
  2. Cuci makanan di bawah keran selama sekitar 2 menit. Anda dapat menggunakan sikat lembut untuk menghilangkan debu atau kotoran berlebih.
  3. Celupkan makanan ke dalam campuran cuka-lemon dan biarkan meresap selama 10 menit.
  4. Bilas dan keringkan dengan kertas dapur atau kain bersih.

Disinfektan buatan sendiri untuk pakaian

Pakaian seperti lapisan kulit kedua. Dia pergi bersama kita ke mana-mana dan mengumpulkan semua debu yang ada di jalan serta kotoran dan kuman yang kita temukan. Biasanya, mencuci pakaian sudah cukup untuk menghilangkan kotoran, tetapi ada beberapa keadaan yang membutuhkan tindakan lebih ekstrem untuk sepenuhnya menghilangkan parasit, bakteri, atau patogen lain yang tahan terhadap kematian.

Salah satu cara paling umum untuk mendisinfeksi pakaian adalah memasukkannya ke dalam air mendidih selama sekitar 30 menit dan kemudian mencucinya dalam siklus panjang dengan klorin. Jika Anda lebih suka menggunakan produk alami lainnya, Anda dapat mengikuti resep buatan sendiri ini.

Bahan

  • Air
  • 15 tetes minyak esensial lavender
  • 1 gelas jus lemon
  • 4 sendok makan soda kue
  • 2 sendok makan cuka putih

Bagaimana cara menggunakan

  1. Tuang air ke dalam wadah yang cukup besar agar sesuai dengan pakaian yang ingin Anda desinfeksi.
  2. Tambahkan soda kue dan aduk.
  3. Sekarang tambahkan cuka, jus lemon dan minyak esensial. Campur lagi.
  4. Rendam pakaian dalam disinfektan alami dan buatan rumah ini
  5. Keluarkan pakaian dan bilas dengan lakukan pencucian menggunakan air dingin.

Disinfektan rumah untuk kamar mandi

Kita sampai pada apa yang mungkin merupakan fokus terpenting dari bakteri dan mikroorganisme di rumah: kamar mandi. Ada banyak produk yang dirancang untuk menghilangkan kotoran dari kamar mandi, termasuk amonia, klor, etsa. Namun, Anda juga dapat membantu diri Anda sendiri dengan produk-produk buatan sendiri yang tidak memiliki dampak negatif terhadap lingkungan atau kesehatan Anda, dan Anda dapat meninggalkan kamar mandi Anda dengan aroma yang bersih dan alami. Ini adalah cara untuk membuat disinfektan alami dan buatan sendiri untuk kamar mandi.

Bahan

  • 60 ml hidrogen peroksida
  • 3 sendok makan minyak esensial rosemary
  • Jus 1 lemon
  • 60 ml air panas

Bagaimana cara menggunakannya

  1. Campur semua bahan dalam wadah, lebih disukai dengan botol semprotan atau penyemprot.
  2. Semprotkan pada permukaan shower, toilet, wastafel, dan ubin.
  3. Biarkan untuk bertindak selama 5 menit.
  4. Bersihkan dengan kain penyerap atau spons.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Resep Roti Burger Rumahan Dengan Daging dan Topping

Ketika kita mendengar kata hamburger, kita paling sering mengaitkannya dengan makanan cepat saji dan seringkali kualitasnya jika dibandingkan dengan masakan biasa-biasa saja dipertanyakan. Namun,...

Hotel Mazeej White – Hotel Ultrachic di Al Alamein, Mesir

Hotel Mazeej White Desain oleh : Reha, LLC. Lokasi : North Coast, Egypt Photography: Nour El Refai Hotel Mazeej White ini terletak di sepanjang pantai di Laut Mediterania....

Rumah Di Pantai Australia Dengan Interior Minimal

Arsitek Rob Mills telah membangun sebuah rumah untuk mengasingkan diri pada akhir pekan di samping Great Ocean Road Australia, dengan interior sederhana yang menjadikan...

Gejala Dehidrasi Selama Kehamilan Dan Cara Untuk Mencegahnya

Biasanya tubuh kita secara alami akan melepaskan cairan melalui keringat dan buang air kecil. Jika tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda...

Cara Menghilangkan Noda Minyak Dari Pakaian

Noda minyak adalah salah satu noda yang paling sering dan sangat susah untuk dihilangkan sepenuhnya dari pakaian, tetapi menghilangkan noda ini bukan tidak mungkin....

Artikel Lainnya