Cara Membersihkan Karpet Di rumah

Must Try

Cara Menghilangkan Noda Minyak Dari Pakaian

Noda minyak adalah salah satu noda yang paling sering dan sangat susah untuk dihilangkan sepenuhnya dari pakaian, tetapi menghilangkan noda ini bukan tidak mungkin....

Apa Itu Tema Dekorasi Ala “Rustic”?

Anda mungkin pernah mendengar "rustic" beberapa kali atau lebih ketika mendeskripsikan dekorasi rumah, tetapi itu adalah salah satu gaya yang sulit dijabarkan. Apakah Anda...

Cara Mendesain dan Merencanakan Denah Lantai

Apa itu Denah Lantai? Denah lantai adalah diagram skala dari sebuah ruangan atau bangunan yang dilihat dari atas. Denah lantai dapat menggambarkan seluruh bangunan, satu...

9 Ide Kreatif Pemanfaatan Ruang Dibawah Tangga

Di rumah kecil, setiap inci persegi dihitung, dari kamar tidur kecil hingga lorong sempit hingga kamar mandi kecil dirumah. Itu juga berarti Anda harus...

Ketika datang waktunya untuk membersihkan rumah, membersihkan karpet merupakan kegiatan yang seringkali membuat sakit kepala, karena menjaga mereka bebas dari kuman dan dalam kondisi yang baik adalah sebuah tantangan. Ini dapat menjadi lebih rumit jika Anda telah menutupi bagian lantai Anda dengan karpet atau jika ada anak-anak dan hewan peliharaan di rumah. Karena itu, mengetahui cara membersihkan karpet di rumah sangat penting untuk memiliki rumah yang elegan, indah, dan tanpa cela.

Di artikel kali ini, kami menawarkan beberapa alternatif untuk menemukan cara membersihkan karpet dengan produk buatan rumah lainnya, sehingga menghemat waktu dan uang untuk produk pembersih. Perhatikan dan ikuti instruksi di bawah ini untuk mempelajari cara membersihkan karpet di rumah!

Cara membersihkan karpet yang sangat kotor

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan karpet di rumah dan lebih khusus lagi, cara membersihkan karpet yang sangat kotor yang tampaknya tidak menyenangkan, Anda harus tahu bahwa semuanya mungkin dan bahwa ada beberapa metode untuk menghilangkan debu dan kotoran dari karpet.

Selain menghilangkan kuman, kotoran dan noda, penting untuk menjaga karpet dalam kondisi baik, karena setiap lubang atau benang yang longgar dapat membuat bagian tersebut jelek atau bahkan menyebabkan kecelakaan.

Hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah produk apa yang digunakan untuk mendisinfeksi tanpa merusak karpet dan bagaimana meninggalkan aroma yang menyenangkan di ruang. Juga, Anda harus jelas tentang cara menggunakan setiap produk pembersih untuk mengoptimalkan efeknya di setiap kasus.

Penyedot debu dan sikat bulu biasanya merupakan pilihan terbaik untuk tugas ini, namun, berikut adalah beberapa metode efektif untuk membersihkan karpet di rumah yang mungkin tidak Anda ketahui dengan baik. Kuy lanjutkan membaca!

Cara Membersihkan Karpet dengan Soda Kue

Soda kue sangat ideal untuk membersihkan semua jenis karpet, karena tidak merusak kain dan merupakan salah satu produk paling efektif untuk membersihkan rumah. Juga, jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengeringkan karpet, Anda harus tahu bahwa soda kue adalah salah satu produk dasar yang Anda perlukan. Untuk mengoptimalkan tindakan pembersihan dan desinfeksinya , Anda perlu:

  • 100 gram soda kue
  • 100 gram garam

Langkah-langkah untuk diikuti:

  1. Campur soda kue dengan garam dengan hati-hati sampai Anda mendapatkan campuran yang seragam.
  2. Sebarkan campuran ini di seluruh permukaan karpet.
  3. Biarkan campuran meresap ke dalam jaringan karpet selama setidaknya satu jam.
  4. Bersihkan karpet, ambil semua partikel dalam campuran, dan Anda sudah belajar cara membersihkan karpet dengan baking soda.

Soda kue membantu membebaskan jaringan karpet dari debu dan bakteri, sangat meningkatkan bau dan penampilannya.

Cara membersihkan karpet dengan amonia

Ammonia adalah tambahan yang ideal untuk menghilangkan noda dalam pada kain, terutama karena sifat pembersihan dan desinfeksinya yang luar biasa. Untuk membersihkan karpet dengan amonia, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 100 ml amonia
  • Satu liter air hangat
  • Deterjen cair untuk membersihkan piring
  • Sikat bulu
  • Sarung tangan

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan karpet yang sangat kotor, Anda harus tahu bahwa amonia adalah sekutu terbaik Anda. Ikuti langkah demi langkah yang kami sajikan di bawah ini:

  1. Kenakan sarung tangan dan siapkan campuran di tempat berventilasi. Amonia sangat beracun, sehingga penghirupan dan kontak dengan kulit harus dihindari .
  2. Campurkan 100ml amonia dengan satu liter air hangat (bukan mendidih) dalam wadah sekali pakai.
  3. Uji ketahanan kain terhadap campuran di sebagian kecil karpet untuk menghindari kerusakan.
  4. Buka jendela sebelum Anda mulai membersihkan karpet sehingga Anda tidak pusing dengan bau campuran ini.
  5. Taburkan campuran ini di karpet di beberapa bagian. Gosok dengan hati-hati setiap permukaan yang basah dengan sikat bulu, tanpa terlalu banyak menggosoknya. Setelah waktu yang lama, Anda akan melihat bagaimana noda di karpet benar-benar hilang.

Cara Membersihkan Karpet dengan Steamer

Steamer adalah alternatif yang bagus untuk semua jenis karpet, karena dengan cepat menghilangkan debu dan kotoran tanpa merusak kain. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan karpet di rumah dengan steamer, dapatkan bahan-bahan berikut:

  • Sebuah steamer
  • Soda kue dengan garam
  • Deterjen atau cuka
  • Kain lembab

Mari kita lihat cara membersihkan karpet dengan langkah-langkah berikut :

  1. Bersihkan semua area yang ingin Anda bersihkan. Bersihkan furnitur dan benda-benda dari kotoran.
  2. Dengan kain lembab, bersihkan alas tiang, karena dengan mengaktifkan steamer, debu yang menumpuk di dalamnya dapat dilepaskan.
  3. Sebarkan baking soda di atas karpet untuk mengoptimalkan pembersihan dengan uap.
  4. Baca instruksi penggunaan steamer. Isi tangki steamer Anda dengan air panas (bukan mendidih) dan deterjen atau cuka, sesuai dengan spesifikasi alat dan preferensi Anda saat membersihkan rumah.
  5. Mulai menyedot debu dari sudut diagonal ke pintu depan ruangan.
  6. Perlahan vakum seluruh permukaan dan lakukan dalam garis, selesaikan dengan dua kali melalui masing-masing area .
  7. Biarkan karpet benar-benar kering dan Anda telah menemukan cara untuk mengeringkan karpet dengan cara lain yang efektif.

Produk Pembersih Karpet Buatan Rumah Lainnya

Ada cara lain untuk membersihkan karpet dengan produk buatan sendiri, bahan untuk menghilangkan noda dan kotoran dengan cepat dan mudah yang pasti bisa Anda dapatkan dengan mudah. Berikut adalah beberapa produk buatan rumah untuk membersihkan karpet di rumah:

  • Air soda : Campurkan air dengan soda dalam wadah dan oleskan cairan ke seluruh karpet. Biarkan campuran selama 30 menit, lalu letakkan kertas penyerap di permukaan yang lembab. Metode ini sangat ideal untuk menghindari karpet berubah warna jika beberapa cairan jatuh.
  • Air cuka : Campur cuka dengan air panas dalam mangkuk. Sirami keset dengan cairan (Anda bisa menggunakan sprayer) dan gosok permukaan yang dibasahi dengan sikat bulu. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah membersihkan karpet Anda dan bahkan menyingkirkan noda yang paling bermasalah sekalipun.
  • Tepung Maizena atau Cornstarch : Taburkan cornstarch (juga dikenal sebagai tepung maizena) di atas karpet dan diamkan produk selama 30 menit sebelum menyedot debu. Akhirnya, sikat seluruh area dengan sikat bulu kering. Metode ini sangat ideal untuk menghilangkan noda minyak dan lemak.
  • Hidrogen peroksida dan deterjen pencuci piring : Untuk noda anggur atau cairan kuat lainnya, campur satu sendok makan deterjen pencuci piring Anda dengan secangkir hidrogen peroksida. Sebarkan campuran di atas karpet dan biarkan bekerja selama setengah jam. Selanjutnya, sikat karpet dengan sikat bulu yang basah di atas karpet dan gosok dengan lembut untuk menyelesaikan menghilangkan kotoran sebelum air campuran ini melekat dengan kain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Gejala Dehidrasi Selama Kehamilan Dan Cara Untuk Mencegahnya

Biasanya tubuh kita secara alami akan melepaskan cairan melalui keringat dan buang air kecil. Jika tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda...

Cara Menghilangkan Noda Minyak Dari Pakaian

Noda minyak adalah salah satu noda yang paling sering dan sangat susah untuk dihilangkan sepenuhnya dari pakaian, tetapi menghilangkan noda ini bukan tidak mungkin....

Apa Itu Tema Dekorasi Ala “Rustic”?

Anda mungkin pernah mendengar "rustic" beberapa kali atau lebih ketika mendeskripsikan dekorasi rumah, tetapi itu adalah salah satu gaya yang sulit dijabarkan. Apakah Anda...

Cara Mendesain dan Merencanakan Denah Lantai

Apa itu Denah Lantai? Denah lantai adalah diagram skala dari sebuah ruangan atau bangunan yang dilihat dari atas. Denah lantai dapat menggambarkan seluruh bangunan, satu...

9 Ide Kreatif Pemanfaatan Ruang Dibawah Tangga

Di rumah kecil, setiap inci persegi dihitung, dari kamar tidur kecil hingga lorong sempit hingga kamar mandi kecil dirumah. Itu juga berarti Anda harus...

Artikel Lainnya