Cara Bekerja Dari Rumah Untuk Menghindari Virus Corona Secara Produktif dan Efisien

Must Try

Hotel Mazeej White – Hotel Ultrachic di Al Alamein, Mesir

Hotel Mazeej White Desain oleh : Reha, LLC. Lokasi : North Coast, Egypt Photography: Nour El Refai Hotel Mazeej White ini terletak di sepanjang pantai di Laut Mediterania....

Rumah Di Pantai Australia Dengan Interior Minimal

Arsitek Rob Mills telah membangun sebuah rumah untuk mengasingkan diri pada akhir pekan di samping Great Ocean Road Australia, dengan interior sederhana yang menjadikan...

Gejala Dehidrasi Selama Kehamilan Dan Cara Untuk Mencegahnya

Biasanya tubuh kita secara alami akan melepaskan cairan melalui keringat dan buang air kecil. Jika tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda...

Cara Menghilangkan Noda Minyak Dari Pakaian

Noda minyak adalah salah satu noda yang paling sering dan sangat susah untuk dihilangkan sepenuhnya dari pakaian, tetapi menghilangkan noda ini bukan tidak mungkin....

Karena wabah koronavirus banyak dari kita bekerja dari rumah selama karantina. Namun ini bisa menjadi suatu tantangan jika ini adalah pertama kalinya Anda melakukannya. Ini terutama berlaku bagi mereka yang memiliki keluarga dan anak kecil di rumah mereka.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips agar Anda dapat bekerja dari rumah dengan efisien dan produktif. Membantu Anda memisahkan kehidupan kerja dan kehidupan keluarga meskipun berada di bawah satu atap.

Tentukan jam kerja Anda

Bekerja dari rumah bisa sangat menantang karena orang cenderung bekerja berlebihan. Jadi, untuk tetap fokus, yang terbaik adalah menentukan jadwal kerja Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk fokus ketika Anda perlu bekerja dan bersantai ketika Anda bisa bersantai, semua di bawah atap yang sama. Saat menentukan jadwal ini, Anda mungkin ingin menyamakan dengan jam kerja Anda seperti ketika Anda pergi bekerja kekantor, atau mungkin Anda ingin mengubahnya. Namun demikian, pastikan jadwal ini berkelanjutan dengan gaya hidup Anda.

Faktor penting untuk menentukan kapan bekerja dari rumah adalah memasukkan istirahat ke dalam jadwal Anda. Ini mungkin terdengar konyol tapi itu satu-satunya cara Anda menjaga diri Anda tetap pada jalurnya dan terus bekerja secara produktif. Manusia bekerja paling baik dengan rutinitas dan ketika mereka mendorong diri mereka sedikit di luar zona nyaman mereka. Jadi ini akan menjadi peluang besar bagi Anda dalam menentukan nasib dan disiplin diri Anda.

Setelah Anda memilih jam kerja Anda dengan menyertakan waktu untuk istirahat, tuliskan dalam agenda, kalender atau papan buletin Anda. Tujuan dengan menuliskannya di tempat yang penting bagi Anda adalah membuatnya resmi. Ini akan membuat Anda ingin menghormatinya dan memasukkannya ke dalam rutinitas baru Anda.

Rutinitas pagi hari

Sekarang setelah Anda memutuskan jam kerja Anda, penting untuk tetap pada rutinitas pagi Anda yang biasa. Ini sangat penting agar Anda siap sebelum mulai bekerja dan dapat menghargai jam kerja Anda.

Gagasan produktivitas bukan untuk bekerja dengan jam kerja ekstra, tetapi untuk bekerja lebih efisien saat Anda bekerja. Tidak ada gangguan yang akan membantu Anda menyelami alur kerja Anda dan menjadi lebih kreatif dan produktif. Memiliki rutinitas pagi seperti yang biasa Anda lakuka, bangun, mandi, sarapan, dll akan membantu Anda bersiap sebelum mulai bekerja. Sehingga begitu Anda mulai bekerja, Anda tidak lapar, Anda sudah bersih, dalam keadaan fresh, dan tidak ada gangguan.

Saran lain untuk dimasukkan di sini adalah untuk sepenuhnya berubah, jangan mengenakan baju tidur Anda. Banyak orang tidak bisa masuk ke alur kerja produktif mereka dikarenakan baju tidur mereka. Begitu mereka mencoba bekerja dari rumah dengan mengenakan baju tidur mereka, mereka akan menyadari bahwa mereka tidak bisa seproduktif biasanya. Jika demikian, tambahkan perubahan ini ke dalam rutinitas pagi Anda. Beberapa orang bahkan tetap menggunakan sepatu dalam membantu mereka tetap produktif pada jam kerja mereka. Coba eksperimen ini dan lihat apa yang paling cocok untuk Anda.

Ruang Kerja Khusus

Langkah selanjutnya adalah menetapkan ruang kerja khusus. Idealnya ini adalah meja dengan semua alat yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, mungkin dengan pencahayaan alami dan kursi yang nyaman. Memiliki area kerja yang khusus akan membantu pikiran Anda untuk cepat beradaptasi dengan mode kerja begitu Anda duduk untuk memulai pekerjaan. Otak kita selalu mengaitkan lingkungan kita dengan kegiatan yang kita lakukan. Ini membantu kita beradaptasi dengan cepat, belajar dengan cepat dan untuk bertahan hidup. Jadi mengapa tidak memilih ruang kerja khusus untuk membantu kita masuk ke pola pikir bekerja yang benar?

Penting untuk dicatat bahwa bekerja dari tempat tidur dapat menyebabkan insomnia bagi sebagian orang karena otak mereka akan mulai mengasosiasikan tempat tidur mereka dengan pekerjaan. Karena itu, cobalah untuk tetap berpegang pada satu atau dua area kerja khusus paling maksimum. Anda kemudian dapat bekerja ketika saatnya untuk bekerja dan bersantai ketika saatnya untuk bersantai.

Ciptakan suasana yang kondusif

Kiat-kiat yang ada dibawah ini merupakan cara untuk menciptakan suasana yang benar sehingga Anda dapat bekerja secara efisien.

1. Kebisingan latar belakang

Setiap orang bekerja dengan cara yang berbeda. Ini tidak hanya bervariasi karena jenis pekerjaan yang kita masing-masing lakukan tetapi juga kepribadian dan kebiasaan kita. Oleh karena itu untuk menciptakan suasana kerja yang tepat, kebisingan latar belakang adalah faktor kunci untuk produktivitas kami. Beberapa orang akan lebih suka latar belakang musik yang ringan untuk membantu mereka melalui pekerjaan, yang lain lebih suka keheningan total. Apa pun itu, pastikan untuk memperhitungkan ini dan bertindak sesuai dengan apa yang biasa Anda lakukan. Jika Anda tipe orang yang lebih suka musik latar, pertimbangkan untuk memakai earphone atau memutarnya dengan speaker. Pilih musik yang tidak akan terlalu mengganggu karena idenya adalah bahwa musik membantu Anda bekerja, musik yang Anda dengarkan tidak boleh bertindak sebagai pengalih perhatian. Di sisi lain, jika Anda adalah seseorang yang membutuhkan kesunyian total, Anda dapat mematikan semua suara. Jika Anda tinggal di lingkungan yang bising atau memiliki anak kecil di rumah bersama Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan headphone kedap suara untuk menghalangi kebisingan.

2. Matikan notifikasi

Untuk masuk ke ruang kerja tanpa gangguan, mematikan notifikasi yang tidak sangat penting. Jelas ini tidak berlaku untuk email kantor dan obrolan penting dengan kolega Anda. Apa yang seharusnya tidak mengganggu adalah pemberitahuan Instagram dari akun pribadi Anda, Whatsapp atau pesan Facebook dari teman di luar kantor, dll. Ada banyak aplikasi gratis yang dapat Anda unduh yang bahkan akan membantu Anda untuk tidak menggunakan telepon sama sekali saat bekerja. Namun, jika Anda bekerja dengan platform sosial, itu mungkin tidak ideal. Cukup pastikan Anda tidak terganggu dengan pesan dan pemberitahuan pribadi. Anda dapat kembali menggunakan media social Anda setelah Anda selesai bekerja.

3. Tetapkan batas

Sekarang setelah Anda menetapkan jadwal kerja dan ruang kerja, sekarang saatnya untuk memberi tahu keluarga atau teman flat Anda. Aspek paling sulit tentang bekerja dari rumah sebagai orang tua adalah saat Anda terganggu oleh anak-anak Anda. Bukannya Anda tidak ingin bermain dengan mereka atau menghabiskan waktu bersama mereka, itu hanya karena Anda harus menyelesaikan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Anda akan menghabiskan sisa waktu Anda bersama mereka setelah jadwal kerja, terutama selama karantina.

Namun agar keseimbangan hidup dan pekerjaan ini terjadi di rumah yang sama, Anda harus menetapkan batasan. Biarkan pasangan Anda dan anak-anak Anda tahu jam kerja yang Anda perlukan sendirian untuk bekerja. Biarkan mereka tahu bahwa begitu Anda selesai, Anda akan menghabiskan waktu bersama mereka. Ingatlah bahwa keseimbangan adalah kunci.

4. Memiliki alat yang benar

Pastikan untuk berkomunikasi dengan tim Anda sehingga Anda akan memiliki semua alat yang diperlukan untuk bekerja dari rumah. Ini akan mencakup program-program tertentu yang Anda gunakan di kantor, bahkan mungkin laptop perusahaan. Anda juga dapat mencari alat produktivitas, pencatatan, atau pesan online. Ada banyak aplikasi dan program yang berguna dan gratis yang tersedia. Tulis daftar alat yang Anda perlukan, lalu lakukan riset untuk mendapatkannya.

Kontak dengan tim Anda

Ketika bekerja dalam sebuah tim, komunikasi adalah faktor penting. Pastikan untuk mengatur dengan baik bagaimana Anda akan berkomunikasi dengan tim Anda selama karantina untuk dapat terus mencapai tujuan dan sasaran perusahaan Anda. Berikut adalah beberapa aplikasi, program, dan situs web gratis yang dapat Anda pertimbangkan:

Untuk pesan:

  • Google Hangout
  • Whatsapp
  • Telegram
  • Slack
  • Spark

Untuk panggilan video atau rapat:

  • Skype
  • Whereby
  • Whatsapp atau Telegram video calls
  • ezTalks
  • Google hangouts
  • Facebook messenger

Lacak kemajuan Anda

Transisi dari bekerja di kantor ke bekerja di rumah mungkin sulit. Dapat dimengerti untuk melihat penurunan tingkat produktivitas beberapa hari pertama sampai Anda belajar untuk beradaptasi. Untuk memastikan diri Anda kembali ke tingkat produksi normal, Anda dapat melacak kemajuan Anda. Melacak kemajuan Anda berguna dalam banyak hal, dan ada juga banyak cara untuk melakukannya. Anda dapat memilih pulpen dan kertas yang bagus, atau lebih baik lagi, dokumen daring seperti file google. Memiliki dokumen online akan membuatnya tetap aman dan membuatnya mudah ditemukan, dibagikan, atau dirahasiakan. Anda dapat memulai dengan menulis hari, apa yang telah Anda lakukan, tautan atau dokumen dan komentar apa pun yang mungkin berguna di masa depan.

Kami mendorong Anda untuk melakukan ini, tidak hanya ketika bekerja di rumah tetapi selalu. Itu normal bagi kita jika memiliki hari baik dan hari buruk. Tujuan melacak pekerjaan kita bukan untuk menghukum diri kita sendiri ketika kita tidak memenuhi harapan kita sendiri, tetapi hanya untuk tetap mengetahui apa dan bagaimana kita telah melakukan dan untuk merenungkannya.

Bersosialisasi setelah bekerja (edisi karantina)

Ada waktu dan tempat untuk semuanya. Dengan memisahkan ruang kerja Anda dan membuat jadwal kerja, Anda sudah mulai menetapkan struktur yang baik untuk pekerjaan Anda guna meningkatkan konsentrasi dan produktivitas Anda. Namun begitu Anda telah menyelesaikan pekerjaan yang harus Anda lakukan, itu adalah hasil untuk hari itu.

Orang-orang yang bekerja dari jarak jauh seperti di rumah memiliki kecenderungan untuk bekerja berlebihan dan mencampur pekerjaan mereka dan kehidupan sosial bersama. Untuk mempertahankan pola pikir yang sehat, yang terbaik adalah menghindari terlalu banyak bekerja dan membiarkan semuanya datang pada waktunya. Meskipun saat ini Anda berada di karantina, ini tidak berarti Anda tidak dapat bersosialisasi. Itu hanya berarti Anda harus melakukannya dengan cara yang berbeda.

Hidup bersama keluarga

Setelah selesai bekerja, Anda dapat bersantai dengan menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai. Mainkan permainan papan catur bersama anak-anak Anda, pelajari resep baru, tonton film bersama pasangan Anda, mainkan hewan peliharaan Anda di dalam, dll. Ada banyak kegiatan di dalam ruangan yang dapat Anda lakukan untuk bersosialisasi dengan keluarga Anda.

Hidup dengan teman flat

Ketika tinggal bersama teman serumah, Anda dapat memiliki keseimbangan sempurna saat sendirian di area kerja Anda dan kemudian menghabiskan waktu bersama mereka untuk bersantai dan bersosialisasi. Anda dapat menonton pertunjukan baru, memesan makanan (melalui drive-thru) atau memasak bersama, bermain video game atau mendengarkan musik, dll. Mampu bersosialisasi selama karantina akan membantu semua orang menjadi lebih santai dan terhibur.

Hidup sendiri

Hidup sendirian selama karantina bisa damai bagi para introvert tetapi sangat menantang bagi para ekstrovert. Jika Anda tinggal sendirian dan ingin bersosialisasi dengan teman dan keluarga, Anda dapat mencoba menelepon mereka dengan video. Mungkin mainkan video game online atau mainkan permainan indoor dengan peliharaan Anda jika Anda memilikinya. Bersosialisasi ketika hidup sendirian selama karantina bisa sulit tetapi cobalah untuk menemukan keseimbangan menggunakan teknologi yang tersedia yang kita miliki saat ini.

Tetap aktif (edisi karantina)

Faktor penting lainnya ketika bekerja dari rumah adalah tetap aktif. Ini karena olahrga harian terbukti membantu kesehatan mental dan fisik. Anda harus merasa bahagia untuk dapat menghasilkan karya berkualitas baik dan tetap efisien saat menyelesaikan tugas Anda.

Biasanya kami akan merekomendasikan berada di luar ruangan dan menghirup udara segar. Namun sekarang dengan wabah virus corona, demi keselamatan semua orang, Anda tinggal di dalam rumah dan hanya pergi ketika benar-benar diperlukan. Karena itu, ketika Anda ingin tetap aktif, Anda harus melakukannya di rumah juga.

Pertama, pilih aktivitas yang benar-benar Anda sukai. Itu bisa yoga, crossfit, pilates, menari, dll. Kemudian, temukan area di rumah Anda yang memungkinkan Anda untuk berlatih aktivitas itu. Ini bisa di ruang tamu Anda atau mungkin bahkan garasi. Jika Anda berpengalaman dalam aktivitas yang telah Anda pilih, Anda dapat langsung dapat mulai melakukannya. Jika Anda ingin dibimbing melalui latihan atau kelas dansa, Anda dapat mencari secara online. Ada banyak video online untuk Anda nikmati. Temukan yang cocok untuk Anda dan mulai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Resep Roti Burger Rumahan Dengan Daging dan Topping

Ketika kita mendengar kata hamburger, kita paling sering mengaitkannya dengan makanan cepat saji dan seringkali kualitasnya jika dibandingkan dengan masakan biasa-biasa saja dipertanyakan. Namun,...

Hotel Mazeej White – Hotel Ultrachic di Al Alamein, Mesir

Hotel Mazeej White Desain oleh : Reha, LLC. Lokasi : North Coast, Egypt Photography: Nour El Refai Hotel Mazeej White ini terletak di sepanjang pantai di Laut Mediterania....

Rumah Di Pantai Australia Dengan Interior Minimal

Arsitek Rob Mills telah membangun sebuah rumah untuk mengasingkan diri pada akhir pekan di samping Great Ocean Road Australia, dengan interior sederhana yang menjadikan...

Gejala Dehidrasi Selama Kehamilan Dan Cara Untuk Mencegahnya

Biasanya tubuh kita secara alami akan melepaskan cairan melalui keringat dan buang air kecil. Jika tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda...

Cara Menghilangkan Noda Minyak Dari Pakaian

Noda minyak adalah salah satu noda yang paling sering dan sangat susah untuk dihilangkan sepenuhnya dari pakaian, tetapi menghilangkan noda ini bukan tidak mungkin....

Artikel Lainnya